mainan home made

Tahukah Ayah Hebat semua, anak anak kita tidak memerlukan mainan yang mahal mahal untuk tumbuh dan berkembang. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengapa aktifitas bermain dan membuat permainan dari benda yang ada disekitar kita. Membuat mainan sendiri bersama sang buah hati, tidak hanya membuat anda berhemat, tetapi juga mengajari anak kita berfikir kreatif.

Aktifitas bermain bersama dirumah cukup menyenangkan dan mampu menghibur anak anak. Banyak ide yang dapat kita gali dengan memanfaatkan barang barang di sekitra rumah. Kita dapat mengajak anak anak bermain sembunyi sembunyian atau yang lainnya.

Manfaat Membuat Mainan Sendiri

Membuat mainan tidak hanya sebatas membentuk mainan secara fisik tetapi termasuk melakukan aktifitas bermain dengan memanfaatkan benda benda yang ada disekitar kita. Aktifitas bermain bersama anak pada saat waktu luang memberikan banyak manfaat bagi seluruh anggota keluarga. 

Berikut ini beberapa manfaat membuat mainan dan beraktifitas secara bersama sama:

  1. Menumbuhkan ikatan antar orang tua dan anak, dengan melakukan aktifitas bersama maka akan tercipta hubungan yang erat antara anak dengan orang tua. Hal ini juga dapat melatih kemampuan komunikasi anak kita. Mereka berlatih untuk menyampaikan keinginan dan idenya kepada kita. Sebaliknya kita sebagai orang tua juga belajar untuk memahami keinginan dan karakter anak kita. Dengan demikian anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik serta mampu menguasai sosial skill untuk berkomunikasi dengan orang lain.
  2. Bermain dengan memanfaatkan barang barang yang ada dirumah akan menumbuhkan kemampuan imajinasi dan kreatifitas anak dan orang tua. Kondisi ini juga memberikan keuntungan bagi naka untuk mengenal lingkungan dirumah dan belajar memanfaatkan perabotan yang ada di rumah. Kita dapat bermain dengan memanfaatkan wadah wadah kue, anak akan semangat untuk membuka dan menutup kaleng kue yang kita berikan. Perlu diperhatikan bahwa mainan dan barang barang yang kita berikan jangan yang mudah pecah dan jangan yang mudah tertelan.
  3. Menghemat biaya, bermain tanpa membeli mainan yang mahal akan menghemat pengeluaran kita. sehingga uang yang ada dapat kita gunakan untuk kebutuhan lain atau kita simpan untuk keperluan anak kita di masa yang akan datang.
Nah, dari manfaat yang dijabarkan di atas maka kita dapat mengambil pelajaran bahwa bermain dan berkembang tidak harus dengan mainan mahal. kita dapat memanfaatkan barang barang yang ada dirumah kita.
Selamat bermain dan bersenang senang dengan buah hati kita.