minum air putih
Penuhi Kebutuhan air putih

Kebutuhan tubuh kita akan air putih berkisar 1,5 liter sampai dengan 2,5 liter perhari. Konsumsi air putih akan semakin meningkat seiring cuaca yang ada. Semakin terik matahari maka semakin banyak air putih yang kita butuhkan.

Perlu diketahui bahwa tubuh manusia terdiri dari 60% air yang berfungsi untuk transportasi nutrisi seperti dalam darah, pencernaan, dan menyeimbangkan suhu tubuh. Selain itu masih banyak lagi fungsi air bagi manusia.

Tubuh manusia kehilangan air hampir 3 liter perhari, baik melalui urin maupun melalui keringat. Jadi sangat penting bagi kita untuk memenuhi atau mengganti cairan dalam tubuh kita agar kita tetap sehat.  Ada banyak cara untuk memenuhi kebutuhan 8 gelas air putih tiap harinya atauy setara dengan 2 liter putih

Tentu saja kita tidak bisa minum air putih secara acak atau random. Ada waktu waktu yang tepat untuk minum air putih agar manfaat air putih lebih efektif bagi tubuh kita. Berikut ini waktu waktu yang tepat untuk meminum air putih:

  1. Setelah bangun tidur, Pada saat kita tidur 6-8 jam tubuh kita tidak menerima asupan air putih. Jadi pada saat kita bangun tidur merupakan waktu yang tepat untuk merehidrasinya dengan air putih. Pada saat bangun tidur ada baiknya kita minum 1 -2 gelas air putih, selain menghilangkan rasa haus juga mengembalikan kandungan air putih yang hilang selama kita tidur.
  2. Sebelum Makan, Sebelum makan baik pagi, siang dan malam kita dapat mengkonsumsi air putih masing masing satu gelas, atau 3 gelas total. Sebaiknya kita minum air putih 30 menit sebelum makan. Ingat jangan minum terlalu banyak agar tidak mengganggu proses pencernaan kita.
  3. Minum Air putih sebelum mandi
  4. Minumlah air putih sebelum tidur
  5. Minumn air putih ketika anda mau berolahraga, tapi ingat jangan terlalu dekat waktunya dengan waktu olahraga
  6. Terakhir, ketika anda merasa lelah maka sebaiknya anda minum air putih. Selain mengembalikan kesegaran tubuh juga dapat mengurangi rasa lelah pada tubuh kita.
Nah itulah, waktu waktu yang disaran untuk minum air putih. Mungkin anda bertanya kok tidak ada waktu setelah makan malah sebelum makan. Hal tersebut terkait dengan penyerapan cairan tubuh. maka perut yang kosong akan memudahkan tubuh untuk menyerap air.

Semoga kita dapat menjaga asupan air putih sesuai dengan kebutuhan dan dapat menjaga kesehatan selama masa pandemi ini.