9 ide bisnis sederhana

Hai ayah hebat semua, jika kalian mencari ide bisnis yang cocok di kerjakan dari rumah, maka kalian datang di tempat yang tepat. Nah dalam artikel kali ini akan membahas bisnis rumahan yang cocok di kerjakan pada saat pandemi kali ini. Jangan lupa membaca bagiamana mengelola keuangan keluarga saat pandemi.

Sebelum membahasnya satu persatu ide bisnis tersebut, maka kita akan lihat prasyaratnya agar bisa di jalankan saat ini. Pertama, tentu saja bisnis yang tidak membutuhkan modal besar. kedua, bisa di kerjakan dari rumah dan ketiga adalah yang banyak peminatnya.

Perlu diketahui memulai usaha sendiri bisa lebih mudah dari yang anda pikirkan. Syarat utamanya adalah anda harus tekun dan ulet, serta mendapat dukungan dari keluarga. Mengapa dukungan keluarga sangat penting? Karena pada saat awal awal membangun sebuah bisnis, kita membutuhkan banyak waktu, pikiran dan tenaga. Jadi dukungan keluarga akan sangat membantu meringankan beban kita.

Berikut ini ide ide bisnis yang cocok di jalankan pada saat pandemi seperti sekarang;

1. Berjualan di marketplace secara online 

Saat ini begitu banyak marketplace di Indonesia. Tentu saja hal tersebut memberikan peluang untuk berbinis, karena banyaknya pengguna bahkan hingga puluhan juta.

Perlu diingat bahwa bisnis di marketplace seperti shoope, bukalapak, tokopedia bukanlah binis malas-malasan. Karena anda harus merespon dengan cepat semua pesanan atau pertanyaan pelanggan anda. Sebelum berjualan, ada baiknya kita melakukan riset kecil kecilan, kira kira barang apa saja yang sedang tren atau banyak di cari oleh pelanggan. 

Untuk memulainya, persiapkan produknya, kemudian photo dengan posisi sebagus mungkin. Jangan lupa siapkan penjelasan produknya, agar lebih mudah dalam proses upload dan posting ke marketplace  sesuai dengan akun yang anda miliki 

2. Membuat jajanan rumahan 

Jajanan rumah menjadi hal yang banyak dirindukan oleh banyak orang, karena ada memori yang berkaitan dengannya. Namun peluang ini muncul karena tidak semua bisa membuat kue tapi semua orang ingin menikmati kue yang lezat.  Jika ayah hebat memiliki bakat membuat kue, maka ide bisnis rumahan ini sangat cocok untuk dijalankan.

Nah kita dapat menangkap peluang ini, karena selain tidak memerlukan modal yang besar, juga perlatan membuatnya sebagian besar sudah terdapat di rumah. Kita tinggal memanfaatkannya. 

Untuk memasarkannya, cukup mudah, tinggal gabung dengan delivery order service lokal atau dengan grab atau gofood. Persiapkan foto terbagus dan deskripsi yang lengkap. Karena dengan penampilan yang oke maka akan menarik banyak perhatian calon konsumen.

3. Menjadi fotografer 

Saat ini pemasaran melalui kanal sosial media menjadi favorit bagi pemilik produk, Selain murah juga dapat menjangkau target yang sangat spesifik sesuai dengan pangsa pasarnya. Untuk menyasarnya melalui sosial media maupun marketplace sama sama membutuhkan foto yang bagus. 

Kebutuhan akan foto produk yang bagus dapat memberikan peluang bagi ayah sekalian yang hobi fotografi. Tentu saja selain kamera dan peralatannya kita membutuhkan kreatifitas yang tinggi agar foto yang kita hasilkan dapat menarik perhatian.

Untuk mempelajari trik dan tip memfoto produk makanan ataupun produk lainnya, dapat melalui e-kursus yang saat ini  banyak tersedia  dengan biaya cukup murah ataupun mencari tutorialnya melalui youtube. Untuk membangun portofolio yang cemerlang, kita dapat membangunnya melalui akun instagram kita.

4. Menjadi penulis lepas 

Anda suka menulis dan membuat tulisan, maka ide bisnis atau pekerjaan yang cocok adalah menjadi penulis lepas. Banyak para blogger membutuhkan ghost writter untuk membantunya mengembangkan blog nya. Selain itu banyak juga produsen yang membutuhkan reviewer guna mengankat citra produknya.

Menjadi penulis lepas tidak harus menulis di portal berita offline maupun online, karena saat ini pun banyak perorangan yang membutuhkan jasa penulisan artikel. Jika anda suka menulis dan mahir di bidang tertentu maka pekerjaan ini cocok bagi anda.

Untuk memulai, anda tinggal masuk ke group tentang blog atau blogger di facebook, kemudian bisa menawarkan jasa menulis. Kerjakan satu persatu dengan serius maka ketika kredibilitas di akui maka pada saat itulah, anda akan mulai kuwalahan untuk menolak tawaran pekerjaan.

5. Menjadi influencer lewat sosial media 

Sosial media dapat dikatakan sebagai keberkahan sekaligus kutukan, apalagi jika jumlah follower kalian cukup banyak. Dikatakan kutukan, jika kalian salah salah bicara makan akan tersebar dengan cepat. Begitu juga dikatakan keberkahan karena status yang kalain buat dapat mempengaruhi banyak orang.

Yang menjadi perhatian dan fokus kita adalah kita menyewakan atau menjual space pada sosial media kita kepada para produsen. Semakin banyak follower kita makan akan semakin mahal sewa atau tarifnya. 

Untuk menjadi influencer di sosoial media, kita membutuhkan foto yang bagus, dan tulisan yang bagus juga. Semua itu dapat kita penuhi dengan memanfaatkan jaasa foto grafer atau penulis lepas.

6. Menjadi perawat tanaman 

Demam bunga bunga an dan tanaman hias di Indonesia melambungkan harga harga berbagai macam bunga. Tentu saja banyak orang yang membeli namun tidak dapat merawatnya. Terkadang malah mati setelah sekian hari dari waktu membelinya.

Jika tahun tahun sebelumnya para pembuat taman hanya di minta untuk membuat taman sesuai keinginan pemilik rumah atau kantor, maka saat ini anda dapat mengembangkan jasa pelayanan anda menjadi personal care untuk bunga bunga yang berharga mahal.

Menjadi perawat tanaman yang mahal, membutuhkan kepercayaan dari para pemiliknya. Untuk memperoleh kepercayaan maka anda membutuhkan portofolio yang kuat. Portofolio yang kuat dapat kalian dapatkan dengan membangun personal branding di akun sosial media

7. Tukang belanja personal 

Maraknya model bisnis ghost kitchen ala ala gofood dan grabfood memunculkan banyak startup jasa pengiriman dan jasa pemesanan makanan lokal di kota kota kecil di indonesia. Hal ini juga didukung dengan semakin cangihnya dan masifnya whatsapp.

Dengan jumlah pengguna yang banyak, dan mudah di operasikan, maka banyak penyedia jasa dan masyarakat menggunakan Whatsapp untuk menjalankan bisnisnya. Anda juga dapat memanfaatkan platform ini untuk memulai bisnis belanaja secara personal.

Anda dapat menawarkan pada tetangga tetangga anda, mau tidak nitip belanja ke anda. Pada awalnya tidak perlu memasang tarif, cukup kembangkan profil anda sebagai personal shopper terlebih dahulu. Jika sudah terbentuk, maka pelanggan akan datang sendiri

8. Menjual pulsa atau paket data

Ketika musim pandemi mewabah di seluruh dunia, maka mengubah banyak kebiasaan dan cara di masyarakat. Anak anak sekolah melakukan kegiatan belajar mengajar secara online, dan hampir seluruh pelayanan masyarakat juga terhubung dengan internet.

Perkembangan kebutuhan akan internet yang cukup pesat di masyarakat membuat mereka membutuhkan paket data atau pulsa. Peluang ini dapat anda manfaatkan. Untuk menjual pulsa satu paket data cukup mudah tinggal daftar ke penyedia pulsa dan deposit sejumlah uang maka anda sudah dapat berbinis pulsa.

9. Merawat dan menjaga hewan peliharaan 

Seperti halnya hobi akan tanaman, saat ini hobi memelihara hewan peliharaan juga semakin marak.  Kebutuhan akan pemeliharaan hewan juga semakin meningkat. Jika anda pecinta hewan, maka anda pata memulai bisnis untuk jasa penitipan dan perawatan hewan.

Nah itu tadi 9 ide bisnis sederhana yang dapat dijalankan dirumah sesuai dengan hobi dan keahlian masing masing. Sebelum memulai bisnis ada baiknya anda memberi tahu tetangga sekitar kita, selain untuk meminta ijin jika nanti sedikit mengganggu ketenangan, juga untuk meminta doa agar usaha yang kita jalankan sukses. Siapa tahu salah satu diatara mereka merupakan pelanggan pertama kita.